ivacwicha-header

Pelajari Teknik SEO Terbaru ini agar Blog Lebih Optimal

Konten [Tampil]


Mempelajari teknik SEO terbaru merupakan hal penting yang harus dilakukan seorang blogger. Dengan mengetahui dan menerapkan ilmu SEO dari para ahlinya, performa blog akan semakin mudah menjangkau audiens yang dituju.

Yups, memiliki target pembaca yang segmented perlu ditentukan sejak awal ngeblog. Begitu yang disampaikan oleh kak Miftahul Khoir, seorang SEO Expert yang juga Digital Marketer Enthusiast. 

Dengan pengalaman beliau yang sudah malang melintang dalam dunia digital. Mengantarkan beliau untuk menjadi seorang Assistant Vice President of Digital Performance & Marketing Business di KlikDokter. Ilmunya pun tak perlu diragukan lagi yaa!

Singkat cerita, saya mendapat kesempatan untuk ikut webinar BRT Network pada hari Jumat lalu. Webinar yang diadakan melalui Google Classroom ini memang diadakan khusus untuk member BRT saja yaa. Tapi sedikit ilmu yang saya dapat dari webinar tersebut akan saya bahas pada artikel ini.

teknik seo terbaru

Skill Dasar yang Harus dimiliki Blogger

Sebelum membahas lebih jauh tentang Search Engine Optimization (SEO), Kak Miftah sempat menjelaskan terlebih dahulu dasar kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang content writer, khususnya sebagai seorang blogger.

Skill dasar yang harus dimiliki dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kemampuan kreatif, solutif, dan keterampilan teknis. Yups, mengetahui dan mencoba menerapkan ilmu SEO merupakan salah satu dalam keterampilan teknis yang harusnya dikuasai seorang blogger.

Meski SEO merupakan hal yang penting dan sangat mempengaruhi performa suatu website. Teknik SEO dalam penulisan artikel dan pengaturan suatu website bukanlah hal yang utama. Karena pada dasarnya tujuan suatu konten adalah mencapai ke suatu user (pembaca), bukan bot Google.

Jadi tetaplah fokus untuk menulis artikel yang berisi serta bermanfaat. Kemas tulisan dengan gaya story telling atau narasi yang menarik, serta based on data. Sehingga pembaca akan betah dan merasa yakin dengan artikel yang kita tulis.

Teknik SEO hanya akan menjadi alat bantu agar tulisan tersebut mudah dijangkau pembaca. Jangan sampai, sudah berhasil menjangkau banyak pembaca tetapi pembaca kabur juga karena isi artikel kita tidak sesuai dengan konteks yang dibutuhkan pembaca.

Intinya, baik isi tulisan dan teknis SEO sama-sama penting dan saling berkesinambungan. Jadi seorang blogger wajib mempelajari keduanya yaa.

Hal Teknis yang Perlu dibenahi dalam Penerapan SEO suatu Website

Selain gaya penulisan artikel yang enak dan nyaman dibaca, selanjutnya navigasi website juga perlu dibenahi. Dari webinar tadi, Kak Miftah menjelaskan ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah website. 

Crawling Status

Sebagai Mom Blogger yang notabene lebih lihai dalam mengurus anak ini, yang terpikirkan pertama kali saat pembahasan ini justru tentang kemampuan bayi merangkak >.<

Tentu tidak ya, crawling status dalam sebuah website merupakan proses perayapan oleh mesin pencari atau disebut SERP seperti Google. Intinya, pastikan bahwa blog kita sudah mengijinkan setiap bot masuk dapat membaca semua isi halaman blog.

Pasti muncul pertanyaan, bagaimana cara mengeceknya? Ternyata caranya masih cukup mudah, yaitu cukup buat halaman sitemap pada blog. Tapi tak berhenti disitu, lanjutkan dengan submit halaman sitemap tersebut ke GoogleSearch Console yaa.

Website Navigation

Layaknya dalam pencarian suatu alamat yang butuh navigasi. Berselancar dalam suatu website, khususnya blog, perlu namanya navigasi untuk memudahkan pembaca. Setidaknya ada tiga poin utama yang perlu diperhatikan dalam sebuah wesite.

  • Kategorisasi

Dalam sebuah website atau pun blog, pasti berisi berbagai macam artikel dengan bahasan yang berbeda-beda. Baik blog dengan specific niche maupun niche-nya masih "gado-gado" alias campur aduk, perlu dibuat kategorisasi atau label dalam blog. Nah peran kategorisasi artikel ini akan membuat tampilan blog menjadi lebih rapi dan memudahkan pembaca menemukan artikel yang dibutuhkan.

  • Breadcrumb

“Remahan roti” yang dimaksud disini sama halnya dengan kisah Hansel dan Gretel. Dimana breadcrumbs pada suatu website bisa menunjukkan urutan struktur halaman apa saja yang sudah dibuka atau dikunjungi oleh pembaca.

Dengan adanya breadcrumb, pembaca akan jauh lebih mudah kembali ke halaman sebelumnya atau justru mencari artikel lain yang berkaitan dalam kategori yang sama atau pun kategori lainnya. Tak hanya itu, breadcrumb juga berfungsi sebagai navigasi yang memudahkan mesin pencari dalam memahami struktur blog itu sendiri.

  • Linking

Rasanya hampir semua media digital saat ini dijadikan lahan untuk menyisipkan link demi mendulang jumlah pengunjung. Begitu pun dalam sutau blog yang sedari dulu sudah sangat kental dengan insert link dalam artikel, baik itu link internal maupun link eksternal.

Namun dari webinar bersama Kak Miftah ini, disebutkan bahwa penyematan link dalam satu artikel tidak melulu harus dengan perbandingan 1:3 antara eksternal dan internal link. Karena yang jadi persoalan bukanlah seberapa banyak link yang disisipkan, tetapi seterkait apa linking tersebut dengan isi artikel yang ditulis.

Jadi kembali lagi, kualitass lebih penting dari sekadar kuantitas 😉

Experience

Last but not at least, page experience Google. Bagaimana pengalaman pembaca ketika singgah di blog kita? Saat ini ada tiga indikator penting yang jadi penilaian Google yang disebut Core Web Vital. Tiga indikator yang perlu kita kulik adalah speed, readibility halaman, dan ketersedian halaman.

Penjelasan singkatnya, bagaimana performa blog kita saat diakses. Mulai dari seberapa cepat blog menampilkan halaman yang dituju. Kenyamanan pembaca saat mengunjungi artikel. Serta dicek kembali apakah linking yang ada masih sesuai. Jangan sampai, pembaca menuju suatu link yang kita sematkan, namun ternyata halaman yang dituju sudah tidak tersedia karena satu dan lain hal.

Lalu sebagai tambahan, ada hal lain yang perlu diperhatikan juga dalam penerapan SEO suatu website. Yaitu Schema Data yang merupakan jembatan antara Google agar membaca isi halaman website kita secara lebih teliti dan bisa meng-higlight isi website. Tentunya ini menjadi hal teknis yang perlu dipelajari lebih lanjut karena diperlukan bahasa Jason atau mikrodata yang jujurly aku masih belum menguliknya lebih lanjut.

Asli, setelah mengikuti webinar ini mata terbelalak dan munculah list panjang apa saja yang perlu dibenahi untuk blog ini agar performanya lebih OK. Karena untuk menerapkan teknik SEO terbaru ini tidak hanya pada satu artikel yang akan dipublish saja. Tetapi juga pada satu website secara keseluruhan.

Sebagai penutup dan bonus dari mengikuti webinar ini, Kak Miftah dengan kerelaan hatinya mau membagikan SEO Checklist yang bisa membantu atau menilai sengaruh apa sih penerapan kaidah-kaidah SEO yang ada pada website kita.

Kita sudahi dulu ya tulisan kali ini karena aku rasa sudah cukup panjang. Sisanya akan kita kulik bersama pada tulisan berikutnya yaa.

Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar