ivacwicha-header

Memperpanjang Usia Mesin Industri dan Meningkatkan Produktivitas dengan UptimeAI

33 komentar
Konten [Tampil]

Mesin industri merupakan salah satu industry tools yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan suatu industri manufaktur. Apapun produk yang dihasilkan, mesin industri bagaikan jantung kehidupan dari suatu bisnis itu sendiri.

Tak heran jika banyak pebisnis yang rela mengeluarkan modal besar untuk membeli mesin industri. Meski harganya fantastis, mesin industri menjadi investasi yang memberikan banyak keuntungan serta efisiensi dalam proses produksi.

Mesin industri menjadi alat penting untuk mengembangkan produk baru yang lebih inovatif sehingga bisa bersaing dalam pasar global. Oleh karena itu, pemilik bisnis akan berupaya agar mesin bernilai tinggi tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.
penggunaan mesin industri
Agar mesin industri bisa bekerja secara optimal dan memiliki usia pakai yang panjang. Tentunya diperlukan perawatan dan penggunaan mesin yang sesuai dengan kapasitas dan prosedur masing-masing mesin. Selain itu, perlu diperhatikan juga beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi usia mesin industri.

Faktor yang Mempengaruhi Usia Mesin Industri

Menggunakan mesin dalam proses produksi massal tentu memberikan kemudahan yang lebih jika dibandingkan menggunakan tenaga manusia. Selain lebih cepat dan presisi, penggunaan mesin juga minim resiko kecelakaan dan cedera yang bisa menimbulkan banyak biaya lain.

Namun untuk mencapai hal tersebut, perlu memperhatikan beberapa hal agar mesin industri yang digunakan tidak mengalami kerusakan. Jika kerusakan bisa diminimalisir, tentunya usia mesin tersebut akan lebih panjang.

Kesesuaian penggunaan dengan prosedur

Setiap mesin industri, bahkan mesin lainnya pun mempunyai prosedur pemakaian dan perawatan yang perlu diperhatikan dalam pengroperasiannya. Mulai dari kesesuaian bahan yang diproduksi, kuantitas produksi, serta durasi penggunaan mesin itu sendiri.

Ada baiknya melakukan pengecekan machine uptime untuk mengetahui produktivitas kerja pabrik secara pasti. Selain itu karakteristik mesin pun perlu dipantau untuk mengetahui output, suhu, tampilan visual, suara, motor arus dan sirkuit dari mesin tersebut.

Human Error

Faktor lain yang bisa menimbulkan kerusakan dan memperpendek usia mesin adalah kelalaian manusia sebagai operator mesin. Kemampuan operator mesin dalam mengoperasikan dan memahami manual book mesin sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, manajemen produksi harus memastikan bahwa petugas atau operator mesin telah diberikan pelatihan atau training terlebih dahulu sebelum bertugas mengoperasikan mesin.

Perawatan mesin

Layaknya tubuh manusia yang perlu dijaga dan dirawat kesehatannya. Mesin industri juga perlu diberikan perawatan yang memadai. Ada banyak jenis perawatan mesin yang bisa dilakukan sesuai dengan jenis penggunaannya. Mulai dari preventive maintenance, predictive maintenance, corrective maintenance, hingga scheduled maintenance yang lebih sering dilakukan dengan periode perawatan tertentu.

Ketersediaan komponen mesin jika terjadi kerusakan

Faktor terakhir yang tak kalah menentukan usia dari mesin industri adalah kemudahan memperoleh suku cadang atau komponen mesin. Kerusakan pada mesin industri terkadang bisa terjadi kapan saja meski segala upaya antisipasi perawatan sudah dilakukan.

Oleh karena itu, ada baiknya pemilik usaha memilih jenis dan produsen mesin yang tepat. Tidak hanya dari segi teknologi, layanan dan kemudahan dalam penggantian suku cadang juga tidak kalah penting dalam menentukan mesin yang akan digunakan.

Tips Maintenance Mesin untuk Memperpanjang Usia Mesin Industri

Setelah mengetahui faktor-faktor di atas, poin yang perlu digarisbawahi adalah tentang perawatan mesin. Melakukan maintenance atau pemeliharaan mesin dapat memberikan banyak dampak positif dalam keberlangsungan produksi seperti gambar berikut.
merawat mesin industri
Dengan demikian, perawatan mesin mempunyai pengaruh yang signifikan dalam produktivitas pabrik, sehingga tidak boleh dikesampingkan. Berikut beberapa tips pemeliharaan mesin agar aset berharga ini menjadi lebih awet dan mencapai usia maksimal pemakaian.

Lakukan pemeliharaan berkala secara rutin

Masing-masing mesin industri biasanya memiliki rekomendasi waktu servis secara periodik yang biasanya tertera dalam buku panduan mesin itu sendiri. Pengaturan jadwal maintenance perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktivitas produksi sangat.

Lakukan kalibrasi mesin secara berkala

Kalibrasi menjadi hal yang tak boleh dilewatkan bagi pemilik mesin industri. Penggunaan mesin dalam kurun waktu tertentu, terlebih dalam jumlah yang besar. Bisa menyebabkan perubahan standar pengukuran pada suatu mesin. Melakukan kalibrasi secara berkala akan membuat mesin kembali seperti setelan awal, sehingga hasil produksi lebih presisi.

Pelumasan komponen mesin agar tidak aus

Selain kalibrasi, pelumasan komponen mesin juga perlu dilakukan untuk mencegah getaran kencang yang bisa menyebabkan komponen mesin menjadi aus atau justru overheat. Jika hal ini tidak dilakukan sebelumnya, mesin bisa saja tiba-tiba mati sehingga produksi akan terhenti.

Jaga kebersihan mesin dan area sekitar

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh manajemen produksi adalah kebersihan area produksi. Area produksi yang bersih bisa menunjang usia mesin kerja menjadi lebih lama. Hal ini dikarenakan mesin tidak sering terjadi kerusakan akibat kontaminasi.

Beberapa part dalam mesin harus dipastikan selalu dalam keadaan bersih untuk menghindari terciptanya ruang hampa yang dapat menyedot kontaminan ke dalam kabin. Pastikan ruangan mesin bebas dari paparan angin dan kebocoran air yang bisa membuat mesin menjadi berkarat.

tips perawatan mesin

Upgrade software dan hardware

Memanfaatkan kecanggihan teknologi, menjadi cara efektif untuk memperpanjang usia mesin industri. Oleh karenanya, pemilihan mesin industri yang bisa terus diperbaharui menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Modernisasi perangkat keras dan perangkat lunak, bisa menjadi langkah awal dalam persiapan menghadapi tuntutan pasar atau pun persyaratan yang mungkin saja terjadi di masa mendatang. Melakukan upgrade mesin industri tidak hanya mampu meningkatkan kinerja mesin. Akan tetapi juga berpengaruh dalam efisiensi dan produktivitas yang akan semakin meningkat.

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi dengan Uptime AI agar Produksi Meningkat

Kemajuan teknologi yang terus berinovasi saat ini, benar-benar memberikan banyak peluang bagi pelaku bisnis. Produktivitas kerja suatu industri dapat terus ditingkatkan dengan meningkatkan kecepatan operasionalnya.

Upgrade mesin industri bisa dilakukan pada hardware mesin, seperti mengganti komponen atau menambah teknologi terbaru. Sehingga mesin bisa bekerja lebih cepat dan output yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak.

Selain itu, pembaruan perangkat lunak juga tidak kalah membantu dalam proses operasional sehari-hari. Saat ini sudah banyak sekali software teknologi yang bisa dijadikan industry tools untuk mempermudah pengawasan mesin industri sehingga bisa bekerja secara optimal.

Kegiatan operasional akan berjalan efisien dan minim dari 'drama' yang tak terduga seperti kerusakan mesin yang tiba-tiba. Karena telah diantisipasi dengan menggunakan perangkat software yang terkemuka yang bisa mendeteksi kejanggalan dalam mesin.

Salah satu software teknologi yang bisa dijadikan pertimbangan dalam upgrade mesin adalah Uptime AI. Uptime AI merupakan salah satu produk machine uptime Astakona yang memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Uptime AI akan membantu kinerja mesin agar tetap unggul dari ketidaksempurnaan proses dan kegagalan peralatan yang ada di seluruh pabrik.

Seperti sudah diketahui bersama, kemampuan AI bisa dengan mudah memahami dan mempelajari hal baru dengan sendirinya. Hal itulah yang menjadi modal dasar software Astakona berupa Uptime AI bisa diandalkan. Uptime AI akan berfokus pada hal yang paling penting, yaitu memahami penyebab gejala dan membuat keputusan operasional secara langsung.

machine ai by astakona
Mesin inferensi pada Uptime AI memiliki default database lebih dari 120 jenis peralatan, dengan mode kegagalan lebih dari 500. Sehingga Uptime AI Astakona mampu memberikan solusi atau jawaban dari gejala yang timbul dengan lebih cepat dan tepat.

Software Astakona berupa Uptime AI ini mampu menyesuaikan model dan mempelajari praktik terbaik secara otomatis dengan izin pengguna. Melalui mesin AI otonom di dalamnya yang terus belajar dan berkembang dari data sensor baru dan juga aktivitas pengguna.

Sesuai komitmen dari Astakona yang mendorong bisnis mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi. Upgrade software dengan produk Astakona akan menjadi solusi dalam memperpanjang usia mesin serta meningkatkan produktivitas pabrik. Kegagalan produksi yang disebabkan oleh kerusakan mesin yang tiba-tiba, bisa dicegah dengan kecanggihan dari Uptime AI.

Kesimpulan

Mesin industri memiliki peran utama dalam keberlangsungan operasional suatu pabrik. Perawatan mesin yang baik akan memperpanjang usia mesin, serta meningkatkan produktivitasnya. Pun sebaliknya, jika tidak dilakukan sebagaimana mestinya akan menimbulkan masalah serta biaya-biaya lain yang bisa saja menimbulkan kerugian.

Dengan menerapkan tips perawatan mesin di atas, operasional pabrik akan berjalan lancar serta lebih optimal. Menambah industry tools berupa perangkat lunak yang terpercaya, seperti UptimeAI sangat membantu meningkatkan produktivitas pabrik. Sehingga bisnis pun makin berkembang dalam pasar global, karena mampu mengikuti permintaan pasar yang fluktuatif. Dengan demikian return of investment dari pembelian mesin produk pun dapat dicapai lebih cepat.




Referensi:
  • https://www.yakinmaju.com/en/news/detail/macam-macam_kerusakan_pada_mesin_industri_dan_cara_mencegahnya
  • https://id.pnpmachine.com/news/5-maintenance-tips-to-extend-equipment-life-18432832.html
  • https://astakona.id/id/produk/industry-tools/uptimeai/


Iva C Wicha
Parenting Enthusiast, Happy to share #FunLearning idea for Kids on my Instagram, Email: ivacwicha@gmail.com

Related Posts

33 komentar

  1. Mesin dalam kegiatan produksi memang memegang peranan yang sangat penting ya, apalagi jaman AI yang mustahil tidak menjadi tuntutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bukan tuntutan, tapi lebih ke memanfaatkan teknologi ya..biar leih efektif dan efisien

      Hapus
  2. Wah keren penerapan ai kian beragam ya. Uptime ai solusi bgt untuk memenuhi kebutuhan industri

    BalasHapus
  3. keren yaa ini bukti nyata manfaat AI nih, terutama untuk industri yg mesinnya tuh butuh perawatan banget karena kalau sudah rusak ribet jadi proses produksi bisa terhambat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups lebih baik mencegah daripada mengobati bukan

      Hapus
  4. Wah canggih banget AI akhirnya merambah ke mesin industri
    Karena saya pernah bekerja di perusahaan industri tekstil dan garment
    Dan banyak kejadian tragis terjadi
    Dengan adanya AI hal tersebut bisa diminimalisir ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya kasian nasib para pekerjanya yaa, kalau pake software ai ini bisa meminimalkan kerusakan atau bahkan sampai kecelakaan kerja

      Hapus
  5. Jangan lupakan juga isu tentang SDM nya. Mesin industri harus dioperasikan oleh orang yang tepat, ilmu yang pas, dan kondisi terbaik dari manusia yang bertanggung jawab atas mesin tersebut. Product knowledge, menurut saya, harus menjadi bagian penting dari terjaganya kualitas mesin yang digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, sesuai yang sudah aku tuliskan di artikel ya mba..
      duet SDM yang berkualitas dan software yang canggih tentu akan sangat meningkatkan produksi dan meminimalisir masalah

      Hapus
  6. AI sekarang makin ga bisa dipisahkan sama kehidupan ya, termasuk industri. Untung ada UptimeAI yang pastinya bakalan berguna banget buat para owner pabrik.

    BalasHapus
  7. Perawatan mesin tuh emang sepenting itu ya, apalagi kalau usahanya sudah besar. Untungnya ada software AI dari Astakona ini yang bisa membantu meningkatkan produktivas dan efisiensi usaha.

    BalasHapus
  8. untuk bisnis skala besar, cocok ya up time AI memberikan dampak besar bagi produktivitasnya. Untung ada ASTAKONA yang menyediakan industry tools buat perawatan mesin

    BalasHapus
  9. UptimeAI sepertinya memang sangat membantu untuk perkembangan bisnis, dengan teknologi AI akan mempermudah mendapatkan yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  10. Perawatan mesin perlu dilakukan secara berkala juga ya agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Uptime AI sangat membantu dalam perawatan mesin jadi lebih optimal.

    BalasHapus
  11. jd ini maksudnya mesin industry yg model baru skr ya mba.. yg memang sudah dilengkapi teknologi AI, jd kalopun ada kerusakan cepat terdeteksi kan..

    sebenernya semua mesin memang hrs ada rutin checking dan maintenance yaaa. namanya juga kemampuan dia pun terbatas.. kalo mesin terlalu overload, yg ada panas dan akhirnya cepet rusak... terkadang owner pabrik ga peduli soal begini , maunya cuma produksi sebesar2nya. ;(

    bagus juga kalo suatu mesin sudah dilengkapi dengan teknologi AI. mempermudah dalam hal pengecekan mesin

    BalasHapus
  12. Dengan bantuan AI maka kualitas mesin lebih terjaga ya. Punya mesin emang jangan hanya dipake tapi juga butuh perawatan agar hasilnya maksimal.

    BalasHapus
  13. Kalau produksi sudah pakai mesin industri emang jadi lebih optimal sih. Apalagi kalau pakainya machine uptime AI. Hanya saja, kita memang tidak boleh abai soal perawatannya.

    BalasHapus
  14. Keberadaan AI kalau dioptimalkan memang amat sangat membantu kerja manusia ya. Apalagi fokus Uptime AI ini untuk memahami penyebab gejala dan membuat keputusan operasional secara langsung. Kedua hal ini penting banget untuk keberlangsungan pekerjaan dan produksi ya.

    BalasHapus
  15. Keren nih konsep UptimeAI dalam memperpanjang usia mesin industri. saya yakin teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara signifikan dan berharap bisa melihat lebih banyak implementasi teknologi ini di industri manufaktur.

    BalasHapus
  16. Zaman makin canggih yah, kalau nggak update bakal ketinggalan. Ternyata mesin pun sekarang sudah berkembang dengan berbagai macam tekhnologi, tinggal perawatannya yang harus dimasifkan. Duuh, berasa ngerti soal mesin padahal enggak, jadi tambah info baca artikel ini :)

    BalasHapus
  17. memperhatikan kualitas mesin industri penting banget, kadang ada pelaku usaha yang cuek cuek aja sama perangkat produksinya. Apalagi kalau mesin itu udah luama banget dan sering dipake, perlu banget yang namanya maintenance.
    sama halnya kayak kendaraan operasional pabrik misalnya, aku kadang heran kalau melihat kendaraan yang digunakan untuk produksi atau pengiriman bahan baku tapi nggak dilihat kondisinya, asap knalpot sampe hitam, terus body juga ga terawat, kayak dibiarin gitu aja

    BalasHapus
  18. Membayar lebih di awal dengan perhitungan untung yang lebih besar. Apalagi kini ada AI yang mendukung kinerja mesin industri tersebut. Tidak ada lagi alasan ragu untuk menolak merajalelanya AI.

    BalasHapus
  19. Astakona ini banyak produknya ya Mbak.. sudah mulai pakai AI juga ya

    BalasHapus
  20. Pabrik-pabrik sudah semakin up to date memanfaatkan kemajuan teknologi sepertu AI yang tentunya bisa sangat membantu proses kerja mesin. Semoga ke depannya AI semakin maksimal manfaatnya untuk perkembangan industri

    BalasHapus
  21. Melakukan perawatan pada mesin industri pabrik pastinya sangat penting. Makanya ada orang-orang yang memang khusus menangani hal tersebut. Adikku salah satunya pas sekolah ambil jurusan teknik mesin, ia diajarkan bagaimana cara melakukan pemeliharaan mesin dan menerapkan beragam tips supaya bisa membuat mesin tetap terjaga dan produktifitas pabrik berjalan lancar. Dengan adanya software UptimeAI pastinya sangat membantu banget.

    Apalagi diimbangi sama SDM yang mumpuni, makin ciamik sih.

    BalasHapus
  22. Perawatan pada mesin industri itu sangat penting karena untuk mempertahankan laju produksi dan dengan ai kita bisa memprediksi kapan harus melakukan perawatan ini merupakan sebuah ide yang sangat gemilang sehingga kita tidak akan kehilangan waktu dan kesempatan untuk perawatan sehingga mesin tidak rusak

    BalasHapus
  23. Sekarang semakin canggih aja, saat ada kendala dalam produksi kita bisa menggunakan teknologi Uptime AI yang bisa mendeteksinya. Jadi gak perlu lagi harus bongkar semua, tinggal dibantu maka akan terselesaikan dengan cepat. Sehingga proses produksi tetap terjaga dan cenederung meningkat.

    BalasHapus
  24. Senang sekali bisa hidup di era kemajuan teknologi seperti ini ya
    Kemajuan teknologi AI bisa membantu kita dalam melakukan aktivasi sehari-hari
    Seperti UptimeAI yang sangat membantu kelancaran proses produksi

    BalasHapus
  25. Sebagai orang yang pernah bekerja di perusahaan manufakturing dan berhubungan dengan alat-alat berat atau mesin-mesin produksi, pastinya mereka bakal kebantu banget sih dengan adanya teknologi uptime AI dari Astakona ini

    BalasHapus
  26. Menarik karena menggunakan AI untuk perawatan mesin agar berumur lebih panjang, pasti jadi helpful karena jika di perusahaan pasti keberlangsungan produksi ini ada pengaruhnya dari faktor mesin, sehingga untuk perawatannya juga lebih tepat dan waktunya pas.

    BalasHapus
  27. Akutu ngabayangin gimana kompleksnya kinerja di pabrik beserta menejemennya.
    Dan yaah, karena kini zamannya digital, tentu akan sangat terbantu sekali dengan adanya Uptime AI dari Astakona.
    Sungguh sebagai business tools, Astakona ini menawarkan full-package untuk memudahkan kinerja manusia sekaligus bikin hemat pengeluaran karena semua bekerja dengan efisien.

    BalasHapus
  28. Wah aku merasa dunia makin praktis aja ya mbak. Sekelas manufaktur dengan segala kerumitannya bisa menggunakan AI dalam maintanancenya. Aku sepakat dibagian aftersale dalam mempertimbangan ketersedian suku cadang dari sebuah barang. Sebab, ini cukup berpengaruh dalam memastikan produktifitas barang .

    BalasHapus
  29. Penggunaan AI semakin meluas dan semakin memudahkan manusia menyelesaikan beberapa permasalahan yah. Termasuk software Astakona ini yang memanfaatkan AI berupa Uptime AI, tentu hasilnya diharapkan mencegah kegagalan produksi akibat kerusakan mesin industri.

    BalasHapus

Posting Komentar